Selasa, 12 Februari 2008

Babussalam Kini (Bagian I)



Salam alaikum....

Hari cerah membawah hati dan langkahku untuk mengunjungi Almamaterku PM.Babussalam, sebagai bentuk penyesalanku karena "baru" satu bulan yang lalu aku menerima kabar bahwa KH.Hadi Martoyo,BA meninggal dunia (Semoga Allah Menerima Amal Ibadah Beliau... Amin..) .

Sore beranjak gelap diiringi mendung dan angin sedikit kencang, saya tiba di dolopo segera saya menuju masjid setelah mendengar adzan, setelah melaksanakan sholat sebentar saya mengisi perut yang kosong (sejak siang belum makan....). Bergegas saya menuju ke pangkalan ojek untuk segera menuju ke PM.Babussalam.

Masya ALLAH saya sangat terkejut melihat pemandangan yang sungguh berbeda dengan apa yang saya lihat 15 thn yang lal.... Ya 15 tahun tepat pada tahun 1993 saya meninggal Pondok ini, Bagian penerimaan tamu tempat pertama yang saya kunjungi tepat di depan rumah Bapak Kyai Bangunan ini tidak Berubah tapi sangat tidak terawat, tempat dulu para santri mengambil paket dan kiriman uang dari Orang tua masing masing yang dulu rapi sekarang kosong, gelap dan berantakan.

Beranjak saya berjalan menikmati pemandangan yang sangat berbeda, saya mulai menghafalkan satu persatu nama gedung diBabussalam, Masjid Pondok tempat yang paling saya sukai tempat para santri berkumpul melakukan ibadah, belajar, diskusi dan sekedar berbincang, tidak ada perubahan yang signifikan terhadap masjid ini hanya beberapa dinding yang terlihat di perbaruhi karena sudah berumur. Didepan masjid dulu ada bangunan tempat bagian loundry yang seingat saya dulu dijaga oleh anak pasuruan bernama Sulhan Naim, sekarang hanya ada gubuk tempat menaruh matrial sisa pembangunan.

Agak ketimur dulu terdapat Cafetaria (Qiftir..) tempat ini selalu ramai dikunjungi santri yang membuat penjaganya Burhanuddin Jae dan Dzulkarnain selalu sibuk, sekarang menjadi kelas untuk Busthanul Athfal Babussalam.


46 Komentar:

Blogger ika mengatakan...

babussalam pondokku ayo kita maju (bribmi pm babussalam)

6 Maret 2009 17.47  
Blogger ika mengatakan...

aku khamim mustofa orang pribumi asli pondok modern babussalam...... ayo kita cincingkan lengan baju untuk memperjuangkan pondok kita tercinta ini......... aku menyadari sekarang PMB telah hancur berantakan ,apakah ini cobaan ? saya mohon dukungan dari teman2 alumni yang berada di luar untuk membantu kami yang masih berjuang di pondok tercinta ini .......... tolang kasih masukan ke e-mail saya nezaugi@yahoo.com

6 Maret 2009 17.55  
Blogger ika mengatakan...

babussalam pondokku

6 Maret 2009 17.59  
Blogger ika mengatakan...

INGATKAH KALIAN DNGAN BABUSSALAM YANG DULU JAYA ... YANG DI KENAL NAMANYA SE PENJURU INDONESIA........ YANG TERKENAL DENGAN DRUMBANYA, PRAMUKANYA ..... AKAN TETAPI SEKARANG APA YANG TLAH TERJADI........BABUSSALAM BAGAIKAN MACAN OMPONG YANG TAK DIKENAL OLEH SIAPAPUN......... AKAN TETAPI KAMI TETAP BERSEMANGAT UNTUK BERJUANG ........ MESKIPUN SANTRINYA BERJUMLAH 36 SANTRI....... MEREKA BERJUANG DENGAN SEPENUH HATI

6 Maret 2009 18.08  
Blogger samsoel_bejo mengatakan...

ayo,,,,,,,,,,terus semangat bbs....
untuk ustadz2nya, jangan pernah menyerah oleh keadaan, tapi buatlah keadaan menyerah pada diri antum semua,,,ok....bbs mak nyus

4 April 2009 10.08  
Blogger sai mengatakan...

Babussalam Pondokku yang dulunya dikenal,disanjung oleh banyak orang bahkan,Baausssalam di dukung oleh ustadz2nya yg tak pernah lelah dan tak pernah putus asa untuk memajukan pondok kita Bersama. maka dari itu kumohon agar babussalam selalu maju n maju....

1 Mei 2009 10.11  
Anonymous Anonim mengatakan...

Asslm......... masih ingat saya?????? pilu hatiku ketika membaca komentar2 dari teman2, baris demi baris ku baca tak terasa mata ini sudah tak mampu lagi membendung butiran2 jernih yang berasal dari pelupuk mataku... Babussalam yang dulu jaya tak terkalahkan & tak tertandingi.... BBS yang telah mengantarkanku ke LIPIA,kampus yang menjadi idaman semua orang, kampus yang setiap tahunnya beribu2 orang datang berduyun2 dari berbagai penjuru Indonesia bahkan dari Mancanegara, untuk menjadi salah satu thullab. Tetapi tidak semua orang akan di terima disana..
haruskah menjadi seperti itu???
BABUSSALAM PONDOKKU
KAMPUNG DAMAI...2X
dua larik lagu yang penuh makna & kenangan bagiku... masihkah babussalam seperti yang dulu,,,,
wahai teman2 yang masih di sana...
JANGANKAH KALIAN PATAH SEMANGAT DALAM MEMBANGUN BABUSSALAM KITA TERCINTA, BAWALAH IA NENUJU PUNCAK KEEMASAN SEPERTI SEDIA KALA, DAN IRINGIKAH PENGABDIAN KALIAN DEGAN KEIKHLASAN....

17 Mei 2009 18.58  
Blogger edwinfinanda mengatakan...

assalamua.. yaa akhi afwan anna ngak tahu kalo ada blog babussalam. anna edwin finanda alumni 2000, Baladoz fans anna kangen pondokku babussalam mgkn 5 tahun aku ngak pernah ke sana karena jauh sku di samarinda nih. aku selalu berdoa untuk pondokku dan Almarhummah K.H.Hadi, i love u all teacher

4 Juni 2009 19.22  
Blogger edwinfinanda mengatakan...

assalam, pondokku yang asri nan tenang aku amat merindukan suasana di sana

7 Juni 2009 23.29  
Blogger Azen mengatakan...

assalamualaikum bwt semua...
ana merinding plus sedih denger cerita dr temen2.
ana pengen memperpanjang silaturahmi, bwt tmn2 jg para alumni. yg slama ini sempet hilang komunkasi krg lebih 9 thn.
ana: Ahmad Zen ( azen, marhalah 99 dr bandung ) kalo ada yg msh inget tolong hub. ana : no.hp. 081221549770
email mamun_qtr@yahoo.com
terimasih bwt tmn2 yg membuat Media semacam gini. mdh2an kedepan kita bs menjalin silaturamhi yg lebih baik. wassalam.

21 Juni 2009 13.19  
Blogger Azen mengatakan...

tes

27 Juni 2009 17.09  
Blogger zul mengatakan...

ya ALLAH lindungilah Pondok Modern BABUSSALAM ini li 'ilai' kalimatillah....amin3x yarobbal'alamin

28 Juni 2009 19.39  
Blogger zul mengatakan...

ayooooo bangkittt blue generation 2004

28 Juni 2009 19.43  
Blogger Rhoezdhae_Oemamach mengatakan...

BABUSSALAM....!!!!
I love you full....!!!
Aku belum lupa sama kamu....
Ne masih inget aq kan?
Rusda Umamah...
Salam buat ustadzah siapa az....
I love you so much....!!!

23 Agustus 2009 14.22  
Anonymous Anonim mengatakan...

Tak ada manusia yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini tak ada artinya lagi
Syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik
Tak ada manusia yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali segala yang telah terjadi
Syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik

6 Oktober 2009 12.13  
Blogger putry mengatakan...

BABUSSALAM PONDOX Q
salam bwat USTD daman,USTD munas,USTD ANDRI YG MAKIN CAKEP AJA
N bwat smua adix klas q jngan kcewain kakak ya
blajar yg tekun yaaa buat bangga skolah kita
moga BABUSSALAM MAKIN SUKSESS AJA
AMIEN
from putri alumni 607

14 Oktober 2009 15.59  
Anonymous Anonim mengatakan...

Maaf baru sempat Post comment...

Terima kasih semua apresiasinya
kita sukses reuni akbar mendatang

4 Desember 2009 09.52  
Anonymous Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
Saya sudah membaca komentar teman2 yang pernah menjadi santri PMB;baik santri yang pernah belajar setahun dan meneruskan belajarnya ke pondok Modern Gontor,santri yg sempat belajar bebrapa tahun dan tidak melnjutkan belajarnya alias keluar atau dikeluarkan serta santri yang sampai menamatkan belajarnya dan menjadi alumni PMB.Saya termasuk kategori santri yang terakhir.

Klasifikasi dan kategori santri PMB yang saya deskripsikan diatas,tentu tidak perlu diperdebatkan,apalagi dibedakan-bedakan statusnya.hal yang paling urgen dan subtansial,kita semua adalah santri yang pernah bersentuhan dan terlibat langsung dalam proses belajar- mengajar,bahkan ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan Pondok Modern Babussalam.

Kembali soal isi komentar teman2 eks santri PMB di blog ini, yang menurut hemat saya banyak menyampaikan pesan-pesan keprihatinan tentang kondisi PMB yang semakin terpuruk(khususnya sejak meninggalnya mudiruna,almarhum K.H. Hadi Martoyo,BA) dan pesan2 yang masih menyimpan harapan besar bahwa PMB bisa bangkit kembali untuk meraih dan menggapai cita2 pendirinya yakni, mendidik dan mencerdaskan ummat.mungkinkah PMB kembali bangkit dari keterpurukanya...? Jika iya,bagaimana strategi untuk membangun dan mencapai ke arah itu? lalu siapa yang akan membangun kembali PMB? dan apa yang bisa kita lakukan sebagai alumni PMB? Pertanyaan-pertanyaan ini perlu kita renungkan dan pikirkan bersama,agar permasalah2 di PMB bisa kita identifikasi dan mencari solusinya secara bersama2. bukan begitu kawan..?

Tanggal 25 Mei 2009 saat ada tugas di Jogjakarta,saya menyempatkan diri mampir ke PMB untuk bersilaturrahmi dengan teman2 lama dan sekaligus untuk menumpahkan kerinduan yang selama ini terpendam.Sejak akhir thn 1999-2009 (-+9 thn) saya tidak pernah mengunjungi dan mengetahui kondisi PMB yang sebenarnya.Saya mendapatkan berapa informasi dari teman alumni PMB,baik yang ada di JKT dan daerah lain,yang sedikit-banyak menceritakan kondisi kekinian PMB.Awalnay saya terkejut dengan informasi2 dan cerita dari bebrapa kawan2 itu,akan tetapi saat itu masih saya simpan dan saya jadikan referensi saja.
Saat saya menginjakkan kaki dihalaman PMB saya disambut dengan keheningan dan rasa keterkejutan. saya mencoba melihat,memperhatikan kembali lingkungan sekitar pondok dan meyakinkan diri sendiri,apakah kondisi PMB yang saya lihat ini benar2 nyata atau hanya perasaan saya saja yang sedang digumuli dan sicampuri sense of romantisme masa silam. Setelah sadar,saya melihat bahwa keterpurukan itu memang nyata dan akhirnya saya mengalami perasaan, tidak jauh seperti yang teman2 rasakan dan alami:kesedihan bercampur baur dengan suasana hening dan sepi.sungguh... saya benar2 sedih melihat kenyataan ini dan saya juga tidak berdaya untuk melakukan sesuatu untuk membantu nasib almamaterku ini.

Saya ingin bercerita,saat mengobrol dengan salah-satu asatid di qismi diyafah,tiba-tiba ustaz itu menyodorkan pertanyaan yang membuat saya sedikit terkejut " kamu kesini mau ngapain..?" saya menjawab : sudah 9 tahun,khususnya sejak saya selesai dari PMB,saya tidak pernah dan belum sempat mampir ke PMB.jd niat saya kesini untuk berselilaturrahmi"

salah ustaz yang sudah akrab dengan saya saat di PMB dulu, menceritakan dan menjelaskan duduk persoalan yang terjadi di PMB selama 9 tahun terakhir dan saya menyimak secara serius paparannya tentang hal ini dan saya mendapatkan sedikit gambaran tentang peta permasalahan di PMB,baik masalah internal dan ekternal yang menyebabkan kemunduran PMB. saya tidak bisa memparkan peta masalah ini karena analisis saya masih bersifat subjektif. lagipula bila saya paparkan peta permasalahan ini,belum tentu saya bisa memberikan solusinya.
dan mungkin teman2 punya analisa yang berbeda dan beragam tentang permasalahan ini,tentunya dengan sudut pandang sendiri2 pula.
mungkin sampai sini dulu,lain kali kita lanjutkan.

Paski Hidayat
Alumni PMB 1999

2 Maret 2010 05.00  
Blogger ahlan mengatakan...

ass. ana ahlan shoffu khomis untuk para semua yg merasa pernah belejar di babussalam mari sama2 kita angkat lagi nama pm. babussalam yang kini lagi redup and jangan bnyk ngomong ayo...dengan semangat kita gali bakat , dgn tekad kuat kita satukan umat pasti, barsama kita bisa.......wss.

5 Maret 2010 23.00  
Blogger ahlan mengatakan...

ass. ana ahlan faslu khomis ana cuma mw ngomong dengan semangat kita gali bakat dengan tekad kuat kita satukan umat pasti, bersama kita bisa

5 Maret 2010 23.03  
Anonymous Anonim mengatakan...

pondok dimana sblm nya ku bersekolah . tempat yg maninggalkan ku banyak kenangan . kini aku menuai hasilnya . Di pondok Gontor dengan diangkatnya q menjadi bagian-bagian penting di pondok.GOOD LUCK my boarding schoool

12 Maret 2010 14.38  
Anonymous Anonim mengatakan...

BABUSSALAM PONDOK KITA TEMPAT KITA BERNAUNG,
tapi kita tau persepsi kita bahwa pondok bukanlah TUKANG SIHIR, yang dimana keBanyakan orang menganggap semua yang berada dipondok itu akan pintar. KITA PUN TAU SEMUA itu PERLU PROSES yang TIDAK SEBESTAR DAN mUDAH

9 Mei 2010 22.20  
Anonymous Anonim mengatakan...

BABUSSALAM PONDOK KITA TEMPAT KITA BERNAUNG,
tapi kita tau persepsi kita bahwa pondok bukanlah TUKANG SIHIR, yang dimana keBanyakan orang menganggap semua yang berada dipondok itu akan pintar. KITA PUN TAU SEMUA itu PERLU PROSES yang TIDAK SEBESTAR DAN mUDAH

9 Mei 2010 22.20  
Blogger ricko mengatakan...

assalamualaikum,,
ana bukan alumni tpi ana pernah menjadi bagian dari sejarah PMB jga,,ana angkatan 93
ana cma pengen tau gmna keadaan PMB yng sekarang,,ap betul keadaan pondok yng kita cintai udah berubah dri yng pertama ana jejaki dahulu???
trima kasih buat tmen2 yng udah mau berbagi info kepada ana,,
wassalamualaikum wr wb

23 Mei 2010 17.20  
Anonymous Rahmad 99 mengatakan...

Masya Allah kalau emang demikian keadaannya, Ya Allah dengarkan keluhan kami semua..

by. Rahmad Kurniadi
Alumni 99 Marhalah GEROISBA

28 Mei 2010 14.26  
Blogger silverzoom mengatakan...

yaa... allah ya robbii...
ak adlah hmbamu yg tlah mlupakan tmpat dmn hmba begitu dicintai disayangi di pondok pnuh knangan ktauladanan hidup...
msih tringt ktika engkau mmanggil ustadz trcint kami bpk.pimpinan kami kH.hadi martoyo BA ktika itu hmbamu ini sdang mnjdi panitia alomba pidato sngguh kjdian yg btu takan trlupakan saat kmi pntia mmbwakan lagu untuk almarhum bgtu trsa sdih harunya di hati kami....
dan skrng hmbamu tlah lama mlpakan pndk tercinta itu amapunilah dosa kami yaa allah....

26 Agustus 2010 00.48  
Blogger silverzoom mengatakan...

yaa... allah ya robbii...
ak adlah hmbamu yg tlah mlupakan tmpat dmn hmba begitu dicintai disayangi di pondok pnuh knangan ktauladanan hidup...
msih tringt ktika engkau mmanggil ustadz trcint kami bpk.pimpinan kami kH.hadi martoyo BA ktika itu hmbamu ini sdang mnjdi panitia alomba pidato sngguh kjdian yg btu takan trlupakan saat kmi pntia mmbwakan lagu untuk almarhum bgtu trsa sdih harunya di hati kami....
dan skrng hmbamu tlah lama mlpakan pndk tercinta itu amapunilah dosa kami yaa allah....

26 Agustus 2010 00.48  
Blogger silverzoom mengatakan...

aku kangen pondoku...p smua yg knal aku tlong hbngi aku di hadisidiq@yahoo.co.id silver zoom 2003.wassalam.........

26 Agustus 2010 00.50  
Blogger budi.y.y mengatakan...

Babussalam....kenangan yang tak terlupakan. Qodarulloh maa saa-a fa'al. Hanya itu kalimat yang bisa saya ucapkan.Saya pernah nyantri PM Babussalam tahun 88-89.Masjidnya masih sangat sederhana sekali.Beratapkan daun tebu kering,lantainya pun masih berupa pasir.Waktu itu kami membayangkan beginilah masjid Quba yang dibangun oleh Rosululloh Shollalloh 'Alaihi Wassalam. Nama santri seangkatanku yang kuingat antara lain : Munawar Kholil (KebonSari), Hamdi Asep Purnama (Bekasi), Boy Andrino (Sumatera), Rico Alfred (Riau), Ibnu Khotob (Riau), Marbawih (Jakarta), Abdul Haq (Malang). Semoga PM Babussalam menjadi pesantren yang bisa mengikuti jejak Salafunas Sholih. Amin. Saya Budianto (Lampung) sekarang saya tinggal di Tambun Bekasi.

24 September 2010 22.37  
Anonymous nunung mengatakan...

Babussalam let wake up from your dress.

15 Oktober 2010 14.07  
Blogger hilal mengatakan...

katanya mo reuni ya....bener ga sih ????

6 April 2011 16.45  
Blogger hilal mengatakan...

katanya mo reuni ya...?????? bener ga sih ??????

6 April 2011 16.46  
Anonymous Anonim mengatakan...

ass,saya rio nurcahyo.dulu saya pernah nyantri di pmb thn 90-92.saya sangat sedih sekali membaca semua tulisan dr ikhwan semua yg mengabarkan kondisi pmb saat ini.sampai separah itukah kondisi pmb ?

4 Agustus 2011 12.53  
Anonymous Anonim mengatakan...

Perjalanan Pondok Modern Babussalam Kerjo Mojorejo Madiun telah berjalan kurang lebih 25 tahun semenjak didirikan oleh K.H Hadi Martoyo.pada tahun 1986. Usia yang cukup matang untuk melangkah lebih maju, diawali dengan pendirian diniyah sore dan memproklamirkan diri sebagai Pondok Modern Babussalam sebagai tempat penampungan Pondok Modern Gontor bagi santri yang belum bisa diterima di Gontor. Beliau belum menata system penggelolaan pendidikan lebih jauh tapi Allah telah memanggilNya semoga Allah menerima segala amanya dan mengampuni dosa-dosanya amin. Sepeninggal beliau ust Fauzani ditunjuk oleh pimpinan Gontor untuk menganti beliau melanjutkan pengelolaan Pondok Modern Babussalam.Perjalanan 6 tahun sepeninggal beliau belum menapak dengan system yang professional ,maka pada tahun 2007 diselenggarakan reuni alumni pertama kali dengan agenda membentuk Badan Wakaf Pondok Modern Babussalam dengan tujuan merekunstruksi Pondok Modern Babussalam agak lebih maju. Perjalanan BWPMB memasuki tahun ke empat hal-hal yang sudah dikerjakan diantaranya :
a. Membuat ADRT BWPMB
b. Membuat ADRT Tiap-tiap lembaga TA, MI, MTs, MA, KMI dan KMtI
c. Membuat Job Discription tiap bagian diseluruh struktur Pondok Modern Babussalam
d. Menata system manajemen keuangan seluruh lembaga dibawah naungan Pondok Modern Babussalam
e. Mengadakan rapat seluruh anggota tiap tahun 2 kali setahun
1. Laporan kegiatan dan keuangan oleh Pimpinan Pondok Modern Babussalam
2. Evaluasi seluruh kegiatan Pondok Modern Babussalam
3. Mengontrol dan memberi masukan kepada Pimpinan Pondok Modern Babussalam
- Untuk mengadakan kerja sama dengan konsultan pendidikan dalam hal melatih seluruh guru PMB
- Untuk mengadakan studi banding di sekolah/lembaga Islam yang professional
- Untuk kerja sama dalam hal pengembangan kualitas sumber daya guru/karyawan
- Untuk merancang system komputerisasi dilembaga-lembaga Pondok Modern Babussalam

18 Desember 2011 10.06  
Blogger unblack mengatakan...

saya fahim, saya cukup miris membaca postingan tentang pondok tp maaf saya rasa saya gak pentas untuk komentar lebih jauh krn saya cuma sempat mondok dua tahun saja

28 Januari 2012 02.33  
Anonymous Anonim mengatakan...

Pondok Modern Babussalam Madiun saat sudah dan terus berbenah baik sisi menejemen, sistem pengelolaan pendidikan baik SDM dan SD yang ada. Semenjak dibentuknya Badan Wakaf PMB lebih baik dan terus memacu maju dan bisa berkompetisi di kancah dunia pendidikan nasional. Berikan kepercayaan kepada kami seluruh jajaran anggota pengurus BWPMB dan seluruh para asatizd, dukungan moral dan moril dari ikhwan-akhwat adalah nilai tak tergantikan dengan apapun jua usaha tiada hentinya dan do'a dari antum semua semoga Allah memberikan kemudahan kami yang di PMB dan seluruh keluarga Besar Alumni dan Simpatisan PMB wassalam

23 Februari 2012 21.59  
Anonymous Anonim mengatakan...

muhammad dzakwan fatahillahang 92. ana rindu baabussalaam.. Fatahillahd@yahoo.com
085814600339..

28 Maret 2012 18.23  
Anonymous Anonim mengatakan...

muhammad dzakwan fatahillahang 92. ana rindu baabussalaam.. Fatahillahd@yahoo.com
085814600339..

28 Maret 2012 18.27  
Anonymous Anonim mengatakan...

ari rukmana
saya bukan alumni pondok babusalam..tapi saya kenal salah seorang ustadz disana...saya kagum dengan mas nova...dia menyimpan potensi yang luar biasa di bidang komputer dan internet...salut buat mas nova dan ponpes babussalam

3 April 2012 14.27  
Blogger gun's srodox mengatakan...

ane anak marhalah isyougen's dari kalbar, memang ana tidak selesai di babussalam,semenjak meninggalnya mendiang almarhum kyai martoyo suasana pondok berubah sejak di pimpin oleh ust fauzan,para warga sekitar seperti kurang ada rasa segan untuk keluar masuk pondok hingga ke kamar2 ruangan ust,sebab itu merasa ane merasa kurang nyaman di bbs... mudah2han bbs dapat bersinar kembali seperti dulu kala hingga namanya terkenal ke istana negara... ami.... bagi anak2 isyougen' mugi,ugi,oka,sadi dll yang gak bisa disebutin one by one.ane gunawan alias dayak kamar al azhar 3.fb ane gugun srodox walker

10 April 2012 16.48  
Anonymous Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum
ana Indra dr Jakarta, pernah berguru di PMB kira2 cuma 3 thn keluar thn 1996.ana gk bs komentar apa2, perasa an ana campur aduk, hanya mengharap kan ALLAH mengabul kan semua DOA para Santri n semua pendukung maju nya PMB. Semoga ALLAH mendengar kan n mengabul kan Doa hamba nya....amin.
E-mail(hardiwijaya_kusuma@ymail.com)

24 Juli 2012 11.35  
Anonymous Anonim mengatakan...

9acaana memang bukan alumni pm babussalam tapi ana pernah belajar di PMB 2tahun tahun 1988,wktu itu klw tidak salah bru pertama kali PMB ikut JAMRANA di gontor,dan ana termasuk tilmidz yang sangat aktif dalam segala kegiatan,setiap acara hari besar ISLAM ana pasti diminta pak kiyai HADI MARTOYO untuk membuat acara,baik puisi, drama komedi,dan yang paling ditunggu2 santri klw ana pantomim,ana jujur baru2 ini buka internet n langsung tertuju bagai mana keadaan PMB sekrang ini tapi......astaghfirullah ana benar2 kaget dan terharu,apa lagi ana baru tau klw KIYAI HADI MARTOYO sudaah wafat, innalillahi wainnaa ilaihi roji'un,pengen rasanya ana kesana tapi tmpt ana jauh di kecamatn di daerah OKU SELATAN MUARA DUA SUM-SEL,o...iya ismii..AKMAL,klw ada teman2 yg masih ingat sama ana hubungi ke nmr ini 085769138067,atau 085368029978

17 November 2012 19.55  
Anonymous Anonim mengatakan...

Angkatan ane ko blm ada yg nongol untuk ngsih komentar yaa..? :) Kangen reunian.. mau napak tilas dan melakoni aktivitas saat tinggal di pondok:Tidur diatas bentangan karpet hijau dan berbantal buku, menjelang sholat shubuh tidur berdiri sambil antri di kamar mandi,mendengar lonceng yg kecil dan menakutkan itu,ngantri makan di dapur,merokok di di kamar mandi dan di tengah kebun tebu ups..... saat tinggal di gedung al- jihad merokok hukumnya haram tetapi klu gk ketahuan gk pa2 hahha,ngirim surat cinta ke salah satu santriwati wkekekkekkeke siapa yaa..? dll

Paski H

8 Oktober 2013 22.48  
Blogger darwis sia mengatakan...

AS...KUM. JAMI'AN
air mataq berlinang ketika membaca beberapa teman berkomentar, betapa tidak ana 6 tahun menjadi tilmidz dari tahun 1993 sampai 1999 ples 1 tahun mengabdi, terasa ingin tahu apa sebenarnya pokok permasalahannya namun ana tetap berharap n berdoa semoga allah memberikan yang terbaik buat pondokku yang sangat selalu ana rindukan, sory ismi ana DARWIS dari Sulawesi tengah kabupaten tolitoli, paski aku sudah muncul semoga ente sempat membaca, ente masih ingat kan biasa mantan keamanan bersama2 dengan Harun Arrosyid dia Ketua OSPM pada waktu itu. nomorq

31 Desember 2013 10.51  
Blogger darwis sia mengatakan...

as..kum. bagaiman kabarnya pondokku sekarang, kok nga' ada lagi kabar terbaru nya sekarang

27 Januari 2014 11.13  
Anonymous Anonim mengatakan...

reno pareno arek suroboyo sama jamronk anak betawi sama mana? ang 91 ???? ubaeid ente yg make kc mata kan ya

3 April 2014 03.11  

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda